Hadiri Peresmian Taman Bawah Laut Arca Moko, Dandim Alor : Jaga Kelestarian Laut Tidak Sebatas Berbicara

KALABAHI – Hadiri Peresmian Taman Bawah Laut Arca Moko, Kamis (28/10/2021), Dandim 1622/Alor Letkol Inf Supyan Munawar, S.Ag menegaskan, ke...


KALABAHI
– Hadiri Peresmian Taman Bawah Laut Arca Moko, Kamis (28/10/2021), Dandim 1622/Alor Letkol Inf Supyan Munawar, S.Ag menegaskan, kegiatan ini sebagai langkah awal yang baik dan akan memberikan kesejahteraan bagi warga masyarakat/nelayan di Desa Pulau Buaya serta sebagai warisan yang akan dinikmati oleh anak cucu hingga waktu yang tidak ditentukan. Hal ini disampaikan Dandim dalam sambutannya di Desa Pulau Buaya, Kecamatan Alor Barat Laut, Kabupaten Alor, NTT.


Peresmian taman bawah laut arca Moko yang terjadi hari ini disini, merupakan sesuatu yang diharapkan oleh masyarakat untuk memberikan penegasan kepada masyarakat luas dan dunia luar bahwa, nelayan asal Desa Pulau Buaya sangat merindukan alam laut yang lestari alam terumbu karangnya dan ekosistem lain.


Semua yang hadir saat ini, tentu mengharapkan masyarakat/nelayan Desa Pulau Buaya senantiasa melestarikan lingkungan alam laut terutama daerah penangkapan ikan agar menggunakan alat penangkap ikan yang ramah lingkungan atau tidak merusak terumbuh karang dan ekosistem lainnya.


Arca moko akan ditanam dalam laut dan menjadi tumbuhnya terumbuh karang, maka ikan-ikan akan bertelur disana secara alami dan memberikan kesejahteraan yang merupakan suatu anugerah alam yang tidak akan habis habisnya sebagai warisan terbaik bagi anak cucu.


Lanjutnya, semua menaruh harapan yang besar kepada masyarakat agar mencintai kelestarian laut. Ini tidak berlaku hanya di sekitar Desa Pulau Buaya tetapi seluruh perairan laut Pulau Alor yang harus dijaga.


Masyarakat/nelayan harus meneruskan kebiasaan yang baik seperti menjaga kelestarian laut sehingga keseimbangan alam di laut terjaga dan semakin indah. Kedepannya Pulau Buaya menjadi tujuan wisata yang menjanjikan kesejahteraan.


"Orang sebelum datang ke sini pasti berpikir di Desa Pulau Buaya ini pasti banyak buayanya dan menyeramkan. Begitu kami rombongan tiba disini, ternyata masyarakat hatinya sanagt berbudaya, makanya kami dikalungkan selendang. Desanya boleh nama Pulau Buaya tetapi hati yang dimiliki orang-orangnya harus berbudaya", cetus Dandim.


Berbicara tentang laut pasti yang tergambar oleh setiap individu adalah kapal, tepi pantai, ikan, terumbu karang, dan berbagai ekosistem laut lainnya. Terutama di Alor ini dengan kekayaan bawah laut yang melimpah ruah dan tidak kalah indah dengan wisata laut tempat lainnya di Indonesia.


Tidak asing bahwa Alor biasa disebut sebagai surga di timur matahari. Maka harus dijaga surganya wisata alam bawah laut bagi para wisatawan baik dari dalam negara maupun mancanegara, seperti Bunaken dan raja ampat. Karena didalamnya terdiri dari berbagai jenis ikan dan keindahan terumbu karang yang menghiasi lautnya, hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.


Namun ekosistem laut sudah mulai terancam terkhusus di pulau Alor sendiri akan berangsur-angsur memburuk. Momentum hari ini perlu kita sadari bahwa lingkungan perlu diperhatikan agar setiap ekosistem makhluk hidup tidak terancam dan tidak ada yang dirugikan, dalam hal ini perlunya kesadaran diri untuk peduli terhadap alam laut.


"Merusak terumbu karang dan pengeboman untuk dapat ikan secara gampang, ini kan merusak apa yang ada di laut tanpa memikirkan dampak dalam jangka panjang. Tentu ini tidak boleh terjadi seperti merusak terumbu karang dan pengeboman ikan. Tadi pak Kapolres sudah sampaikan bahwa ada nelayan asal Desa Pulau Buaya terpaksa harus berurusan secara hukum karena diduga melakukan pengeboman ikan", tegas Dandim.


Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Kabupaten Alor Sony Alelang, S.Sos, Dandim 1622/Alor Letkol Inf Supyan Munawar, S.Ag, Kapolres Alor AKBP Agustinus Chrismas, S.I.K, Kepala Cabang Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi NTT Saleh Goro, Rektor Untrib Alfons Gorang, S.Sos, Kasat Pol PP Kab. Alor, Pasiterdim 1622/Alor, Kapolsek Abal, Babinsa Serka Natan Laan serta tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, serta warga masyarakat Desa Pulau Buaya.


Jef/tim

Sumber : Pendim 1622/Alor.

COMMENTS

Nama

Adat dan Budaya,3,Agama,40,Edukasi,7,Ekonomi,56,Hukrim,816,Kesehatan,280,Nasional,814,NTT,823,Olahraga,4,Pemerintah,128,Pendidikan,46,TNI,773,Umum,816,
ltr
item
nttalor: Hadiri Peresmian Taman Bawah Laut Arca Moko, Dandim Alor : Jaga Kelestarian Laut Tidak Sebatas Berbicara
Hadiri Peresmian Taman Bawah Laut Arca Moko, Dandim Alor : Jaga Kelestarian Laut Tidak Sebatas Berbicara
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi69Wgsx6h2o49zgI5zI_svO6XppFKhuZ9dzr0-8iJUGtaSYcUMH6F1lC1TYIsfTHraFguhZtsF84zNGPEC0iVsk6nVpPoWRLjlp2CXUB76TTz3x32QK8XnNo66-eM-7X3mJqI6XB4cPLYpsSmcS5BQz5BZkmEYSdH2ej8x5r8wlxeEOsdgckwP5ffG=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi69Wgsx6h2o49zgI5zI_svO6XppFKhuZ9dzr0-8iJUGtaSYcUMH6F1lC1TYIsfTHraFguhZtsF84zNGPEC0iVsk6nVpPoWRLjlp2CXUB76TTz3x32QK8XnNo66-eM-7X3mJqI6XB4cPLYpsSmcS5BQz5BZkmEYSdH2ej8x5r8wlxeEOsdgckwP5ffG=s72-c
nttalor
https://www.nttalor.com/2021/10/hadiri-peresmian-taman-bawah-laut-arca.html
https://www.nttalor.com/
https://www.nttalor.com/
https://www.nttalor.com/2021/10/hadiri-peresmian-taman-bawah-laut-arca.html
true
7283804423462887764
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content